6 Lokasi Arung Jeram Terbaik Di Indonesia – 085.643.492.846

Indonesia adalah surga Arung Jeram bagi penggemarnya. Ada 6 lokasi arung jeram terbaik di Indonesia yang akan menguji nyali para rafter. Lokasi – lokasi tersebut memiliki keunikan sendiri, ada hutan lebat hingga jeram yang menantang.

Derasnya arus sungai, banyaknya bebatuan kali yang besar, jeram yang menawan, serta pemandangan hijau nan alami, akan dapat Anda temukan selama perjalanan arung jeram. Arung jeram, sudah lebih menjadi sekedar olahraga. Selain memacu adrenalin, Arung Jeram menjadi obat penghilang stres yang tepat. Disusun dari berbagai sumber, berikut 6 lokasi arung jeram di Indonesia yang menantang:

1. Sungai Alas, NAD
Dimulai dari wilayah barat Indonesia, Sungai Alas adalah lokasi arung jeram yang menantang di Aceh. Sungai Alas mengalir dan membelah Taman Nasional Gunung Leuser, NAD. Tidak hanya arusnya yang sangat deras, tetapi sungai ini juga mempunyai belokan yang tajam. Dibutuhkan stamina, nyali, dan insting yang kuat, dalam mengarungi Sungai Alas ini.

www.belantaraindonesia.org

Bagi pemula, pengarungan Sungai Alas dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang. Sedangkan untuk yang profesional, petualangan bisa mengambil rute yang lebih jauh, yaitu mulai dari Angusan dekat Blangkejeran. Sungai Alas cukup terkenal di kalangan penggemar olahraga arung jeram.

Selian itu, pemandangan di sekitar sungai masih sangat alami. Jangan heran, jika Anda bertemu monyet, rusa atau gajah yang sedang minum di tepian sungai.

2. Sungai Citarik, Jawa Barat
Setiap akhir pekan, Sungai Citarik ramai dikunjungi oleh warga Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Sungai Citarik terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat.

www.belantaraindonesia.org

Arus Sungai Citarik cukup menantang, arusnya yang deras akan menguji keberanian Anda. Akan tetapi, sungai ini juga mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu air terjunnya. Air terjun di beberapa tempat di sekitar Sungai Citarik, akan menjadi pelepas dahaga Anda.

Ada banyak pengurus yang menawarkan paket arung jeram di sana. Rute dan harganya pun berkisar. Ada perjalanan yang menghabiskan waktu dari 1 jam dengan jarak hanya 5 km, hingga menghabiskan waktu 4 jam dengan jarak 17 km. Pilih yang sesuai selera dan stamina Anda ya!

3. Sungai Elo, Jawa Tengah
Masih di Pulau Jawa, Sungai Elo di Magelang juga menarik untuk diarungi. Sungai Elo yang terletak di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sungai ini dekat dengan Candi Borobudur dan sekitar 40 menit dari Yogyakarta.

www.belantaraindonesia.org

Sungai Elo cocok untuk para pemula. Akan tetapi, Anda harus tetap waspada, karena arusnya cukup deras. Struktur sungai yang cukup miring dan jeramnya yang cukup deras, membuat Anda harus extra hati – hati. Perjalanan mengarungi Sungai Elo bisa memakan waktu 2 – 3 jam, jadi siapkan stamina Anda.

Di beberapa tempat yang tenang, Anda juga dapat menyeburkan diri dan berenang di sungai ini. Menarik bukan?

4. Sungai Ayung, Bali
Bali tidak hanya Kuta, Sanur, atau Nusa Dua saja, tetapi Sungai Ayung telah menjadi destinasi favorit. Banyak wisatawan dalam negeri atau mancanegara berkunjung dan menantang adrenalin di tempat ini. Arung jeram Sungai Ayung berada di daerah Desa Payangan, Ubud, Bali.

www.belantaraindonesia.org

Kegiatan arung jeram di Sungai Ayung, dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan. Panjang jalur arung jeram ini adalah 12 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam. Sepanjang perjalanan, arus yang deras dan bebatuan sungai yang besar akan menantang Anda!

Uniknya, di beberapa titik – titik tertentu Anda dapat melihat pahatan – pahatan tebing yang indah dan besar karya seniman Ubud.

5. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah
Kalimantan merupakan wilayah yang hijau dengan banyak pepohonan yang besar. Tidak ketinggalan, sungai – sungai yang besar dan panjang juga dapat Anda temukan di Kalimantan. Salah satunya adalah Sungai Lamandau di Kalimantan Tengah.

www.belantaraindonesia.org

Sungai Lamandau berada di Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Jika berarung jeram di sungai ini, maka Anda seolah dibawa ke dunia lain. Pohon – pohon yang tinggi, hutan tropis yang lebat, dan sungainya yang besar, akan menambah sensasi petualangan. Anda seolah arung jeram, sambil membelah hutan.

Sungai Lamandau, memiliki arus yang deras dan jeram – jeram yang menawan. Ditambah sungainya yang berkelok – kelok, akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

6. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara
Tidak hanya Bunaken, Sungai Nimanga di Sulawesi Utara juga wajib dikunjungi saat Anda berkunjung ke sana. Sungai ini terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sungai Nimanga akan memberikan pengalaman yang berbeda.

www.belantaraindonesia.org


Sungai Nimanga memberikan jeram yang menantang. Sungai ini memiliki 5 tingkatan jeram. Tak heran, ada jeram setinggi 4 meter di Sungai Nimanga! Tentu dibutuhkan nyali dan kekompakan yang kuat untuk melewatinya.

Mengarungi Sungai Nimanga bisa memakan waktu hingga 5 jam. Jika lelah, Anda dapat beristirahat di tepi sungai dan menikmati keindahan alamnya. Jika beruntung, Anda dapat bertemu dengan yaki, monyet khas Sulawesi ( Macaca nigra ) dan tarsius.

Itulah 6 lokasi arung jeram yang menantang di Indonesia. Jangan lupa, untuk mengikuti perintah dan larangan dari pendamping atau instruktur jeram. Serta, pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan. Selamat berbasah – basahan dan menaklukkan segala tantangan!

Advertisements